Cara Kerja Antena

Itu mungkin bukan sesuatu yang banyak orang tertarik kecuali mereka semacam insinyur listrik atau hanya bosan, tetapi memahami bagaimana antena bekerja dapat berguna ketika yang ada di TV atau radio Anda mengarah ke selatan pada Anda dan alasannya di luar Anda pemahaman. Kunjungi juga blog kami diyweee.comyang menyediakan informasi terupdate.

Mencoba menjelaskan cara kerja antena dalam bahasa Inggris sederhana bukanlah tugas yang mudah karena ada banyak spesifikasi teknis yang perlu dijelaskan. Tetapi pemahaman umum adalah mungkin tanpa masuk ke pembicaraan teknologi yang akan membuat Einstein ngeri.

Agar antena berfungsi, antena harus memancar. Antena Anda, baik TV atau radio, memiliki apa yang disebut elektron bebas. Elektron bebas inilah yang bergetar. Pertanyaannya menjadi, bagaimana elektron bebas ini bergetar dan apa yang menyebabkannya bergetar?

Nah, dalam kehidupan nyata dibutuhkan medan listrik untuk memindahkan elektron. Jika Anda menggunakan dipol lurus terisolasi, daya berasal dari medan gabungan semua partikel bermuatan, baik positif maupun negatif, di dalam antena. Kami akan menyebut bidang ini bidang coulomb antena.

Selain medan ini, antena memamerkan medan magnet yang merupakan jumlah medan magnet dari semua elektron yang bergerak bebas. Antena juga memiliki medan listrik dinamis yang merupakan jumlah vektor dari medan listrik dinamis semua elektron bebas. Apa yang dapat kita lakukan adalah memisahkan medan listrik antena pada titik mana pun di ruang angkasa menjadi dua komponen. Salah satu komponen akan berada dalam fase dengan medan magnet total dan yang lainnya akan keluar 90 derajat dari fase. Komponen dalam fase adalah bidang radiasi antena dan komponen keluar fase adalah bidang induksi. Pada antena, kedua bidang sejajar dengan permukaan logam.

Apa yang terjadi adalah bahwa medan coulomb dan medan induksi jatuh jauh lebih cepat daripada medan radiasi ketika jarak meningkat dari antena. Ketika Anda mencapai jarak yang lebih besar dari beberapa panjang gelombang dari antena, Anda memiliki apa yang disebut bidang antena jauh. Bidang ini adalah radiasi murni. Ketika Anda semakin dekat dengan antena Anda memiliki apa yang disebut bidang dekat antena. Bidang ini adalah campuran bidang radiasi, coulomb, dan induksi. Masih bersama kita? Bagus, kita sampai pada bagian yang baik.

Apa yang akhirnya terjadi dengan semua bidang ini yang membuatnya sehingga TV atau radio Anda menerima sinyal melalui antena Anda adalah ini. Elektron bebas yang bergerak melalui antena Anda bergerak dengan kecepatan maksimum. Setengah bagian kanan antena Anda menumpuk elektron. Setengah tangan kiri antena Anda adalah tempat elektron pergi dan meninggalkan kelebihan ion yang terisi. Medan coulomb menghasilkan ketidakseimbangan dan menentang gerakan ke kanan elektron. Elektron kemudian berhenti, meluncur sebentar dan kemudian kembali ke kiri. Setelah mereka mencapai kecepatan maksimum, mereka kemudian berhenti dan proses diulang, sekarang kembali ke kanan. Hasilnya adalah getaran elektron bebas yang memanaskan logam dan pada gilirannya menghasilkan gelombang elektromagnetik.

Dan itu, dalam bahasa Inggris sesederhana mungkin, adalah cara kerja antena Anda.