Gembala Buku: Siapa mereka? Apa yang mereka lakukan? Haruskah Anda menyewa satu?

Seperti yang diketahui oleh siapa pun yang berani memasuki arena penerbitan-sendiri — atau akan segera — ada lebih banyak yang terlibat dalam proses ini daripada sekadar mengirim naskah Anda ke printer, mengantarkan salinan ulasan di beberapa toko buku, dan menendang ke belakang dan menunggu untuk pendapatan masuk, Untuk informasi mengenai berita terupdate cek juga berita harianku agar kamu mendapatkan informati terbaru dari kami.

Bagi penulis yang belum tahu yang melakukan perjalanan sendirian, keputusan kritis yang perlu dibuat sepanjang perjalanan bisa sangat melelahkan, membuat frustrasi, dan bahkan menakutkan.

Gembala Buku: Siapa mereka? Apa yang mereka lakukan? Haruskah Anda menyewa satu?

Untungnya, konsultan penerbitan yang baru telah tumbuh bersama dengan populasi penerbit-mandiri yang berkembang untuk melayani sebagai konselor bimbingan melalui setiap fase proses yang rumit. Meskipun penerbitan sendiri sebagian besar dianggap sebagai upaya DIY — oleh karena itu penerbitan-sendiri yang ditunjuk — mungkin ada banyak keuntungan menggunakan gembala buku profesional (karena konsultan buku telah dijuluki oleh guru penerbitan sendiri Dan Poynter) yang membuat mempekerjakan seseorang layak. pertimbangan.

Tapi, apa sebenarnya gembala buku itu? Dalam praktiknya, banyak dari para gembala buku layanan profesional menyediakan termasuk bantuan langsung dengan atau saran tentang desain sampul dan buku interior, pengeditan naskah, percetakan printer, pengarsipan formulir, produksi, distribusi, pemasaran, dan publisitas. Beberapa gembala bekerja di dalam perusahaan serba ada yang sepenuhnya staf yang akan mengantar buku Anda melalui produksi dan seterusnya; yang lain bekerja secara mandiri dan akan sering merujuk Anda ke ahli di bidang yang tidak mereka tangani.

Manfaat Menyewa Gembala Buku

Berkolaborasi dengan gembala buku yang bagus dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses menerbitkan — dengan cara yang lebih banyak dari yang Anda kira. “Ada sedikit kesalahpahaman tentang apa yang dilakukan seorang gembala buku,” kata Ellen Reid dari Smarketing-Infinite Possible, “bahwa ini semua tentang produksi buku. Itu adalah komponen dari apa yang kami lakukan, tetapi itu bukan alasan utama untuk menyewa seorang gembala buku. ”

Reid menyamakan pendekatan konsultasinya dengan memainkan peran sebagai sutradara kreatif di biro iklan atau produser film, dan dia menikmati aspek kreatif dari pekerjaannya. Pertama, dia mengumpulkan tim sumber daya kreatif untuk setiap kliennya — seorang copywriter, editor, dan desainer sampul dan interior — kemudian dia mengawasi setiap aspek desain, produksi, dan distribusi.

Para gembala buku dapat menghemat waktu penulis dan mencegah mereka melakukan kesalahan besar yang bisa dilakukan oleh para pemula yang menerbitkan sendiri. “Penerbitan sendiri bukanlah bisnis yang sederhana,” kata Simon Warwick-Smith, presiden Warwick Associates dan mantan wakil presiden senior pemasaran untuk distributor buku besar AS, “dan orang dapat menghabiskan beberapa tahun untuk mempelajarinya, atau mereka dapat pergi ke seseorang yang sudah ada di sana yang bisa memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan. ”

Cynthia Frank, konsultan buku dan presiden Cypress House, yang memiliki pengalaman 20 tahun dalam bisnis ini, berbagi filosofi Warwick-Smith dan menggunakan pendekatan serupa. Frank meminta kliennya untuk menggambarkan definisi kesuksesan penerbitan mereka sehingga dia dapat membantu mereka mencapai level itu — apakah itu mencapai peringkat penjualan yang baik di Amazon.com atau menggunakan buku pertama mereka sebagai batu loncatan untuk kontrak penerbitan tradisional. Selanjutnya dia meminta penulisnya untuk melakukan penilaian diri, jujur ??mewakili kelemahan dan kekuatan mereka mengenai aspek bisnis, sehingga dia dapat merumuskan rencana komprehensif yang akan menyelaraskan definisi kesuksesan mereka dengan langkah-langkah konkret untuk mewujudkannya.

“Jika klien saya tidak pandai pemasaran, misalnya, dan semua modalnya terikat dalam inventaris,” kata Frank, “maka tidak ada uang yang tersisa untuk pemasaran, dan ia menuju masalah. Saya membantu klien saya melihat di mana mereka kekurangan dalam tahap perencanaan. ”

Gembala buku juga membantu klien mereka untuk mempercepat dengan cepat seluk beluk penerbitan-sendiri. “Ada begitu banyak jargon di industri kami, dan jika seseorang baru memulai, mata mereka akan berputar di kepala mereka,” kata Frank. “Kami menjelaskan berbagai registrasi dan metode distribusi dan membantu mereka memutuskan apakah buku mereka harus dijual di toko buku, toko khusus, atau toko hadiah dan alat tulis, misalnya.”

Perencanaan ke depan, para ahli sepakat, adalah yang paling penting. Penerbitan diri, pada dasarnya, adalah bisnis kecil, dan layak diperlakukan seperti itu sejak awal. Kebanyakan gembala sangat menyarankan penulis untuk menyiapkan rencana bisnis formal untuk usaha penerbitan sendiri sebelum mereka bahkan mulai menulis naskah. “Seringkali kita melihat orang-orang pergi ke penerbitan-sendiri tanpa pemikiran lebih dulu daripada yang akan mereka gunakan untuk memesan makanan di restoran mewah,” kata Frank.

Kadang-kadang, juga, seorang gembala buku memiliki koneksi dan strategi terbukti yang dapat menguntungkan penulis yang bercita-cita. “Saya telah mengembangkan hubungan dengan distributor nasional,” kata gembala buku Gail Kearns dari To Press and Beyond, “dan jika produknya bagus dan harganya tepat, saya biasanya bisa mendapatkan buku-buku itu ke tangan distributor. Kami juga memiliki beberapa ide kreatif untuk pemasaran yang tidak memerlukan banyak biaya. ”

Intinya, seorang gembala buku yang baik dapat menghemat waktu penulis, uang, sakit kepala, dan — satu harapan — kekecewaan.

Cara Mendapatkan yang Terbaik dari Sesi Gembala Buku

Tetapi jangan berencana menggunakan buku gembala untuk memegang tangan Anda di setiap langkah — kecuali tentu saja, dompet Anda penuh dengan jahitan. Dengan tarif per jam mulai dari sekitar $ 50 hingga $ 150 ke atas, tergantung pada layanan yang Anda gunakan, biaya dapat menumpuk dengan cepat dan menghabiskan sebagian besar anggaran Anda.

Adalah jauh lebih bijaksana untuk melakukan banyak pekerjaan rumah di muka, saran Barbara Denise Files, penulis dua buku yang diterbitkan sendiri termasuk yang terbaru, Ballet Secrets for Skaters: Cara Mengasah Daya Saing Artistik Anda.

File menikmati pengalaman positif bekerja dengan gembala buku Marilyn Ross, salah satu pendiri Asosiasi Penerbit Kecil Amerika Utara (SPAN), dan dia menghubungkan banyak keberhasilan kolaborasi dengan fakta bahwa dia melakukan banyak penelitian sebelum dia bahkan menelepon Ross. “Saya tidak hanya mengangkat telepon dan berkata, ‘Anda tahu, saya pikir saya mungkin ingin menulis buku,'” kata Files.

Setelah merumuskan rencana bisnis, File melakukan pemeriksaan latar belakang pada calon pelatihnya dengan memantau buletin dan mengirimkan beberapa pertanyaan kepada Ross melalui internet. Puas karena Ross benar-benar mengetahui barang-barangnya, File mengumpulkan bahan-bahannya — pernyataan misi, beberapa informasi demografis yang telah ia kumpulkan pada target audiensnya, dan ide-ide bagaimana melayani mereka — dan mengembangkan beberapa pertanyaan khusus untuk dijawab oleh Ross selama sesi konsultasi mereka : Haruskah dia menulis satu buku, atau haruskah dia membagi informasinya menjadi satu seri? Bagaimana dia bisa memasarkan publikasi ceruk terbaiknya? Berapa banyak salinan yang harus dia cetak pada putaran pertama? Dan yang terpenting: Apa judulnya?

Untuk Files, menggunakan pelatih memungkinkannya untuk membuat pilihan yang lebih berpendidikan: “Ketika Anda seorang penulis yang mempublikasikan diri sendiri, ada banyak keputusan penting yang harus Anda buat,” kata Files. “Seorang gembala buku bertindak seperti papan suara dan menggunakannya memberikan Anda akses ke umpan balik profesional.”

Untuk menjadikan pengalaman penggembalaan buku Anda hemat biaya, File merekomendasikan jejaring dengan penerbit mandiri lainnya di forum Internet, bergabung dengan klub penulis, mengikuti kelas, dan membaca buku tentang penerbitan sendiri sehingga Anda dapat mempelajari aturan jalan sebelum menyewa konsultan. “Lakukan panggilan hanya setelah Anda memiliki rencana spesifik dan pertanyaan spesifik untuk ditanyakan,” kata Files, “jika tidak, Anda akan menghabiskan banyak uang dan waktu untuk mengajukan pertanyaan mendasar tanpa menerima banyak arahan pada proyek Anda.”

Bekerja dengan seorang gembala buku seperti kebanyakan pengalaman dalam hidup, menurut File, yang mengatakan, “Semakin banyak Anda memasukkannya ke depan, semakin banyak Anda akan keluar darinya.”

Kiat Gembala tentang Sukses Self-Publishing

1. “Penerbitan mandiri adalah bisnis mahal yang memiliki aspek semua-atau-tidak sama sekali. Saya tidak menyarankan mencoba mempublikasikan dengan sedikit uang. Jika Anda tidak mampu melakukannya dengan benar, jangan lakukan itu. “(Simon Warwick-Smith)

2. “Pertama, saya memberi tahu penulis saya bahwa sangat penting untuk membuat rencana ke depan. Ada 120.000 buku baru per tahun di pasar, pasar yang penuh dengan buku, dan orang perlu tahu bagaimana cara mendekati itu. Jangan berpikir tentang pemasaran, penjualan, dan promosi setelah Anda mencetak buku Anda; dapatkan bantuan ahli di sampul, konten, dan desain halaman. “(Simon Warwick-Smith)

3. “Sewa seorang desainer sampul buku profesional. Sampulnya adalah real estat yang sangat penting — ia harus memindai dengan baik menjadi hitam dan putih, harus memiliki integritas setinggi 1½ inci, harus jernih setinggi 10 kaki, dan harus sesuai dengan genre dan menonjol di kualitas. “(Cynthia Frank)

4. “Dekati usaha penerbitan buku Anda seperti halnya rencana bisnis: Rencanakan apa yang akan Anda lakukan sendiri dan apa yang akan Anda pekerjakan untuk dilakukan orang lain. Saya tidak berpikir itu ide yang baik untuk melakukan semuanya sendiri … atau menyewakan semuanya. “(Cynthia Frank)

5. “Tampilan dan nuansa dan copywriting pada sampul adalah komponen yang paling penting. Mereka berbicara untuk penulis dan memberikan buku itu peluang terbaik untuk sukses. “(Ellen Reid)

6. “Jika Anda benar-benar ingin bermain di industri bernilai $ 2,2 miliar ini, Anda harus memiliki tingkat produk yang sama dengan yang dikeluarkan oleh penerbit tradisional.” (Ellen Reid)

7. “Jika Anda melakukan semuanya sendiri, buku Anda akan terlihat seperti Anda melakukan semuanya sendiri.” (Patty Weckbaugh dari Casa Graphics)